Selasa, 29 Desember 2015

Cara Menanam Kacang Panjang

Sayuran bersifat panjang itu umum kita dapati pada panganan khas Indonesia bersifat Urab, Gado-gado, Oseng kacang panjang sampai Lalapan. Tidak hanya enak utk di makan, makanan ini bisa diyakini mampu membuat sembuh kencing manis, rematik, arthritis, serta problem saluran kemih.



Kacang panjang atau vigna sinensis, enteng diketemukan di ladang, di kebun, pekarangan tempat tinggal, di sawah atau juga sebagai selingan tanaman palawija yang lain. Perawatannya yg ringan, membuat tumbuhan yg satu itu enteng ditanam. Pada kacang panjang yg masihlah muda kalau dikonsumsi merasa renyah serta enak dilalap mentah. rrrrr jadi ngiler

Untuk beberapa umumnya kacang panjang mampu dikategorikan jadi dua yakni :

1. Kacang lanjaran yg punya sifat membelit
2. Kacang panjang bukan hanya lanjaran serta tdk membelit.


Yg disebut lanjaran merupakan tiang yg di buat dari bambu atau kayu utk tempat tanaman membelit.

Langkah menanam Kacang panjang
# Penentuan Benih
Kacang panjang di kembangkan dengan biji. Benih yg kita pakai lebih baik yg udah masak dari pohon, sesudah itu kita jemur di bawah cahaya matahari sampai kering, dikupas serta dijemur lagi. biji kacang panjang yg seperti itu dapat segera kita tanam tanpa ada lewat sistem penyemaian lebih dahulu.

andaikan hasil dari langkah di atas dirasakan kurang memuaskan, kita dapat beli benih kacang panjang " pilihan " yg banyak dipasarkan dipasar/penjual tanaman.

Beberapa ciri benih kacang panjang yg baik :

1. Biji miliki daya tumbuh yg tinggi (tambah besar dari 80 prosen)
2. Murni, tdk tercampur dengan biji-biji lain yg tdk terang dari varietas lain. Sehat, bernas serta cukup tua.
3. berproduksi tinggi dan bebas (atau sekurang-kurangnya tahan) dari hama penyakit.



# Pemrosesan Tanah

- Tanah diproses dengan cangkul, bajak, atau mesin sedalam +/- 30 cm.
- Diamkan tanah terbuka sepanjang kira-kira 4 harii utk berikan peluang tanah bernapas.
- Bikinlah dengan ukuran panjang 8-10 mtr., lebar 1-3 mtr., serta tingi 20-30 cm. Atau selaraskan dengan situasi area.
- Bedengan mestinya di buat membujur ke arah utara serta selatan.

# Penanaman

- Penanaman kacang panjang dapat dilaksanakan pada akhir musim hujan, tujuannya
- Biar tanaman enteng beroleh air
- Tanaman tdk busuk dikarenakan terserang curah hujan yg banyak

Bibit bisa juga ditanam pada musim kemarau dengan ketentuan air utk pengairan dapat ditemui dengan enteng. Sehabis tanahsiap utk ditanami, jadi dibuatlah lubang tanam memanfaatkan tugal.

Pembuatan lubang itu mesti tergantung diawal mulanya menurut jarak tanam yg sesuai sama keinginan petani dan pola tanam. petunjuk penataan jarak tanam kacang lanjaran yaitu 30 x 60 cm. Tiap tiap lubang dimasukan 2-3 biji, lantas lubang ditutup dengan tanah tipis-tipis (jangan sampai terlampau ditekan biar benih dapat bertumbuh ke atas tanah).

Sembari kita tunggu benihnya tumbuh mampu di sediakan lanjaran atau tongkat yg terbuat dari bambu atau kayu. Panjang lanjaran itu lebih kurang 2 mtr.. Kacang panjang menjadi tanaman yg merambat serta membelit, maka mutlak dibutuhkan lanjaran (turus/tiang). Tipe turus itu beraneka ragam, ada yg bersifat segitiga, bersifat pagar, piramid segitiga, piramid sisi epat dan seterusnya. Bisa pula di beri tali-temali pada lanjaran satu dnegan yg yang lain.

Kebanyakan bibit kacang panjang dapat tumbuh sehabis 4-5 hari, andaikan ada lubang yg bibitnya nggak tumbuh mestinya lekas di ambil serta ditukar dengan bibit yg baru.

Saat tanaman menggapai ketinggian 25 cm, tanaman kebanyakan dapat membelit lanjaran. Andaikan tamanan merambat ketanah dapat kita bantu dengan mengikatkan tali rafia biar pertumbuhannya merambat keatas tiang, atau sama sesuai yg kita inginkan

Pada area yg (kerap) ditumbuhi rumput, mestinya dilaksanakan penyiangan/pemotongan/pencabutan. Rumput serta tanaman disekitar tanaman kacang panjang dapat mengganggu perkembangan, dikarenakan merebut gizi-gizi tanaman yg ada ditanah. Pda kala yg sama jalankan pemantauan pada timbulnya hama serta penyakit.

Penilaian hama serta penyakit mampu dilaksanakan melalui langkah mengkalkulasi populasi hama pada tanaman yakni mengambil contoh pada petak-petak kecil di berapa tempat dengan cara acak, lantas jalankan penilaian pada tanaman yg ada di dalam petak itu. Hal tersebut dapat jadi arahan kapan tanaman butuh disemprot dengan pestisida.



# Pemupukan
Pamupukan ini bisa diantara satu hal terutama, khususnya andaikan area yg dimanfaatkan utk bercocok tanam menjadi tanah tandus atau tdk subur. Tanah tandus atau tdk subur butuh di beri pupuk kandang juga sebagai pupuk basic banyak 10 ton perhektar, pemukuan diberikan waktu pemrosesan tanah.

Tidak hanya pupuk kandang, bisa pula ditambahkan pupuk buatan, ialah KC1 125 kg per hektar, TSP 200 kg per hektar, serta Urea 50 Kg per hektar. Juga sebagai pupuk basic, TSP serta KCI diberikan seluruhnya, dan Urea cuma 2/3 sisi. Bekasnya 1/3 dimanfaatkan juga sebagai pupuk penambahan kala tanamana berusia 3 minggu.

Pupuk diberikan melalui langkah penugalan di kiri serta kanan tanaman pada jarak 10-15 cm utk pupuk basic, serta 20-30 cm utk pupuk penambahan. pemupukan mestinya dilaksanakan kala tanaman tumbuh sangat cepat.

Baca Lainnya Tentang : Budidaya Sawit Di Lahan Gambut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar