Selasa, 29 Desember 2015

Cara Menanam Melon dengan Praktis dan Mudah

Kesempatan ini dapat share anjuran langkah menanam melon. Melon atau Cucumis melo menjadi suku timun-timunan serta masihlah kerabat dengan timun suri, blewah serta semangka, Anda dapat mendalami langkah menanam serta budidaya semangka biar hasil melimpah. Seperti yg udah didapati bahwa melon temasuk model tanaman yg tumbuh dengan merambat. Oleh maka itu butuh dibuatkan penopang, biar tanaman tdk menyebar diatas tanah.

Rasa buah yg manis serta berikan kesegaran buat buah melon digemari oleh banyak orang-orang. Sekarang banyak petani yg membudidayakan bermacam model buah melon, yg paling banyak ditanam di Indonesia ada 3 model ialah Model sky rocket, golden melon, serta rock melon. Ketiga model melon itu miliki kelebihan semasing baik dari sisi rasa, bentuk, buah serta warna buah.


BUDIDAYA DAN CARA MENANAM MELON



Area yg ideal utk budidaya buah melon ada di daerah yg miliki ketinggian 250-700 mtr. diatas permukaan laut. Kalau ditanam di daerah yg kurang dari 250 mtr., buah yg dihasilkan condong lebih kecil. Sedengkan bial ditanam didataran tinggi, tanaman itu susah utk berkembang.

Budidaya melon mestinya dilaksanakan pada derah yg miliki kelembapan hawa 50-80%. Dan suhu ideal utk menanam tanaman itu lebih kurang 25-30 derajat celsius, dengan curah hujan 1500-2500 mm/th.. Mutu buah melon dapat jadi lebih bertambah kalau ada ketidaksamaan suhu yg benar-benar berarti pada siang serta malam hari. Utk lebih rincian mengenai budidaya melon, silakan simak review dibawah itu.

Sebelum saat membicarakan mengenai budidaya melon, lebih dahulu Anda mesti paham beraneka model melon. Dengan miliki pengetahuan mengenai beberapa jenis melon, dapat meringankan Anda dalam budidaya tanaman itu. Seperti yg udah disinggung di muka bahwa di Indonesia terdapat banyak model buah melon yg kerap dibudidayakan.

Reticulatus. Model melon yg satu itu menjadi kultivar yg benar-benar digemari banyak orang. Bentuk bulat dengan kulit buah berwarna hijau dan struktur seperti miliki jaring. Daging buah miliki warna hijau daun oranye dengan rasa manis serta berikan kesegaran.

Inodorus. Melon itu miliki ciri kulit buah yg mulus. Mempunyai bentuk bulat, ada pula yg lonjong. Warna kulit buah kuning sampai kuning pucat kehijauan. Daging melon model itu tdk miliki aroma dan berwarna hijau, oranye sampai putih.

Cantalupensis. Model melon yg paling akhir itu miliki kulit buah seperti labu. Daging buahnya miliki warna oranye atau kuning. Aroma buahnya benar-benar kuat. Contoh melon model itu merupakan blewah.

PROSES PEMBIBITAN TANAMAN MELON




Langkah Budidaya melon dapat dilaksanakan dengan memanfaatkan bibit hasil dari perbanyakan generatif dari biji. Utk mebudidayakan tanaman melon dalam satu hektar area dibutuhkan lebih kurang 500-700 gr benih melon atau 16. 000-20. 000 pohon.

Sebelum saat ditanam di area tanah, mestinya bibit disemaikan lebih dahulu. Langkahnya rendam lebih dahulu benih pada air hangat sepanjang 6-8 jam. Anda dapat memberi tambahan fungisida di air rendaman bibit. Fungsinya utk memelihara bibit biar tdk terserang penyakit atau hama yg mengganggu.

Sehabis benih melon di rendam, tiriskan serta tebarkan di atas kain basah. Diamkan sepanjang 1-2 hari sampai benih keluarkan tunas. Janga kelembapan kain itu dengan memercikan air kalau kain kelihatan mulai jadi kering.

Sehabis bibit udah mulai keluarkan kecambah, langkah seterusnya merupakan buat persiapan polybag atau baki utk persemaian. Isi wadah itu dengan media tanam yg terdiri dalam kompos atau pupuk kandang, serta tanah dengan perbandingan 1 : 2. Benamkan bibit yg udah keluar kecambahnya ke media semai itu.

Tempat utk menyemaikan bibit melon mestinya diletakan pada tempat yg terlindung dar sinar matahari serta kucuran air hujan dengan cara segera. Media emai itu mesti tetap dikontrol kelembabannya, kalau media kelihatan jadi kering lekas sirami dengan air, jangan sampai terlampau basah dikarenakan dapat menimbulkan pembusukan.

Sistem penyemaian kebanyakan berjalan sepanjang 10-14 hari. Atau bisa pula di lihat dari perkembangan daun yg udah menggapai 3-4 helai daun. Pada waktu itu artinya bibit udah siap utk dipindahkan ke media tanam.

MEMBUAT LAHAN DAN MENANAM BUAH MELON



Sebelum saat ditanami melon mestinya area di buat gembur lebih dahulu melalui langkah dibajak serta menghaluskan bongkahan tanah. Sesudah itu bikinlah bedengan dengan ukuran tinggi 30-50. lebar 100-200 cm, serta panjang 10-15 mtr.. Bikin jarak antar bedengan lebih kurang 50-60 cm.

Sehabis bedengan tuntas di buat, tambahkan pupuk basic bersifat pupuk kandang atau pupuk kompos banyak 15-20 ton/hektar. Pakai pupuk kandang atau pupuk kompos yg udah masak. Anda bisa juga memberi tambahan pupuk buatan seperti ZA, KCI serta SP-36 semasing pupuk banyak 375 kg, 375 kg serta 250 kg utk satu hektar area. Campurlah seluruhnya pupuk itu, lantas adauk sampai sama rata dengan tanah di bedengan. Diamkan bedengan sepanjang 2-4 hari.

Kalau situasi pH tanah kurang dari 5, tambahkan kapur atau dolomit pertanian banyak 2 ton utk satu hektar area. Campurlah dengan tanah sedikitnya 2-3 hari sebelum saat dilaksanakan pemupukan basic. Sesudah itu tutup bedengan dengan plastik hitam dengan sisi gelap menghadap ke tanah serta sisi perak menghadap keluar. Bikin lubang tanam diatas mulsa itu.

Dalam satu bedengan cuma di isi 2 baris lubang tanam. Jarak antar baris lebih kurang 60 cm dan jarak antar lubang dalam satu baris lebih kurang 50-60 cm. Penutupan mulsa dilaksanakan sekurang-kurangnya 2 hari sebelum saat penanaman bibit. Langkah seterusnya merupakan memasukan bibit ke lubang tanam. Tiap tiap lubang tanam di isi satu bibit. Biar tanaman tdk cepat layu penanaman mestinya dilaksanakan pada sore hari, sehabis ditanam siram dengan air utk melembabkan area tanam.

PERAWATAN BUDIDAYA MELON 




PEMASANGAN AJIR

Melon menjadi tanaman yg tumbuh dengan merambat. Oleh maka itu butuh dilaksanakan pemasangan ajir utk menumpang tanaman biar tdk meranbat diatas tanah maka buah yg dihasilkan dapat lebih optimal. Dengan tanaman merambat ke ajir jadi tanaman dapat beroleh cahaya matahari ke semua sisi tanaman.

Pemasangan ajir dilaksanakan sebelum saat tanaman tumbuh besar. Kebanyakan pemasangan ajir dilaksanakan 3 hari sehabis periode tanam. Tujuannya biar ajir yg ditancapkan tdk melukai akar tanaman. Ajir yg dimanfaatkan dapat di buat dari bambu atau kayu, bikin ajir dengan oanjang lebih kurang 1, 5 mtr..

Tancapkan ajir tersebut di sisi lubang tanam dengan cara menyerong, sisi ujung ajir cenderung ke arah dalam bedengan. Dalam satu bedengan ada dua baris ajir yg sama sama menyilang membuat huruf X. Lantas siapkan sebilah bambu panjang serta letakan diatas persilangan ajir. Ikat pada silangan ajir itu memanfaatkan tali rafia.

PENYIRAMAN TANAMAN MELON

Biar membuahkan tanaman yg bermutu butuh dilaksanakan penyiraman dengan teratur. Penyiraman dilaksanakan tiap tiap pagi serta sore sampai melon berusia seminggu. Sesudah itu penyiraman cukup dilaksanakan dua hari sekali. Kala musim hujan tiba, yakinkan drainase dapat memiliki fungsi dengan baik. Jangan sampai diamkan ada air yg menggenangi area, dikarenakan tanaman itu tak lagi tumbuh dengan baik di area basah.

Baca Artikel Penting : Cara Menanam Kacang Panjang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar